Cara Belanja di Aliexspress Yang Perlu Anda Ketahui!

Jika Anda Ingin belanja produk murah dari China dengan prosedur yang mudah, dan tidak berbelit-belit, tidak ada salahnya jika coba belanja di Aliexpress. Teknik belanjanya tidak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya.

  1. Memilih barang

Seperti umumnya belanja, pasti hal pertama yang dilakukan adalah mencari dan memilih barang yang hendak dibeli. Tentunya tidak hanya nama produk, yang sebaiknya diperhatikan, namun juga gambar produk , deskripsi produk, ulasan produk, estimasi harga barang, varian warna produk, ukuran produk, asal pengiriman (lokasi seller), jumlah barang yang akan dibeli, dan tidak lupa estimasi biaya pengiriman.

Setelah selesai memilih, berikutnya tekan tombol “buy now”. Untuk berikutnya langsung membayar produk yang hendak dibeli. Atau bisa juga mengklik tombol “Add to Chart” jika ingin menambahkannya ke dalam keranjang belanja Anda. Terutama ketika Anda masih mencari produk lain, yang dibutuhkan.  

  1. Menentukan alamat pengiriman

Berikutnya ketika belanja di Aliexpress adalah mencantumkan alamat pengiriman barang. Terutama untuk masalah shipping, kali ini Anda akan memasukkan nama penerima, no telpon yang dapat dihubungi, alamat penerima (alamat, nama negara, kota, kode pos, dll). Jika sudah selesai, berikutnya tekan “Confirm”.   

  1. Memilih salah satu sistem pembayaran

Setelah memasukkan alamat penerima secara lengkap. Berikutnya pilih sistem pembayaran yang akan Anda gunakan. Di Aliexpress ini, ada beberapa sistem pembayaran yang dapat diterima, dan kesemuannya dapat Anda gunakan. Adapun sistem pembayaran yang dimaksud antara lain Doku Wallet, transfer ATM, internet banking, Alfamart, atau juga kartu debit. Khusus untuk Anda yang ingin menggunakan sistem pembayaran menggunakan transfer ATM, internet banking, atau juga kartu debit, pastikan saldo Anda mencukupi, dan pastikan pula Anda benar dalam memasukkan no rekening, dan bank yang digunakan, dapat melakukan pembayaran ke Aliexpress tersebut. Untuk hal ini, Anda sebaiknya cek, melalui sistem pembayaran yang akan digunakan.  

Selain menggunakan metode yang baru saja disebutkan, menggunakan kartu kredit juga tetap dapat digunakan. Pastikan, limit kartu kredit Anda, tidak kurang, ketika proses membayar dilakukan.

  1. Cek resi Aliexpress

Setelah proses pembayaran selesai dilakukan, berikutnya adalah menunggu barang diproses oleh pihak penjual atau seller, dan barang dikirim. Lama atau tidaknya proses pengiriman ini tergantung dari seller itu sendiri, maksimalnya 6 hari setelah barang tersebut dibayar.

Untuk mengetahui resi pembayaran, dan pengiriman, dapat Anda cek di bagian halaman view detail order, terutama di bagian logistic information, terdapat no resi, di bagian Tracking number.

Ada 2 cara untuk cek resi kali ini, yaitu :

  • Melalui dashboard, informasinya akan Anda dapatkan langsung di bagian kanan halaman. Terutama pada kolom detail, informasi tentang pengepakan, pengiriman dan yang lainnya, akan Anda peroleh di laman tersebut.
  • Melalui pihak ketiga, maksudnya menggunakan web lain yang menyelenggarakan layanan cek resi barang. Beberapa penyedia layanan tersebut, memberikan informasi yang lebih detail, ketimbang  informasi yang diberikan oleh pihak Aliexpress. Selain itu, beberapa layanan dari pihak ketiga juga dapat digunakan, untuk mengecek lebih dari 1 resi dalam 1 kali pencarian. Ini akan jadi cara praktis, untuk memantau belanjaan Anda.
  • Kode Tracking ini sendiri, biasanya dapat dilacak, sekitar 1 minggu, setelah barang dikirim. Apabila barang sudah sampai ke Indonesia, maka sistem trackingnya dapat diubah, sesuai dengan layanan ekspedisi yang Anda gunakan.
  1. Peraturan impor dan sistem perhitungannya

Tentunya masalah tidak selesai sampai disini. Ketika barang yang dipesan sampai atau tiba di Indonesia, maka Anda perlu mempersiapkan budget secara tepat, untuk membayar pajak impor barang.

Dalam hal ini Anda perlu mempelajari dengan baik, aneka macam pajak, bahkan berbagai dokumen pelengkap lainnya, untuk mengambil barang yang sudah Anda beli sebelumnya tersebut. Adapun besaran pajak yang akan dikeluarkan, tentunya beragam, tergantung produk yang Anda beli, ada yang sekitar 7,5%, ada yang 10% dari harga barang, dan yang lainnya.

Jangan lupa, hitung pajak impor tersebut dengan baik, agar Anda tidak kekurangan ketika membayar pajak.      

Tentunya tidak sulit bukan, belanja di Aliekspress ! Apalagi di marketplace yang satu ini, tersedia beragam produk menarik, dengan harga yang terbilang murah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat