Tahapan atau Cara Import Barang dari China, yang Perlu Anda Pelajari !

Sudah jadi informasi umum, bahwa barang-barang dari China dibanderol dengan harga yang cukup murah, namun kualitasnya tidak murahan. Hal-hal seperti ini yang kemudian memicu banyak orang untuk membeli produk yang diinginkan, baik untuk konsumsi pribadi atau bahkan untuk dijual kembali. Tapi yang sedikit sulit, dan tidak banyak dimengerti orang adalah, bagaimana cara import barang dari China itu sendiri, apakah sulit atau tidak. Sulit memang jika Anda tidak mengetahui caranya, sedangkan mudah, jika Anda tahu bagaimana cara import barang China tersebut.  

  1. Cek apa yang ingin dibeli

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam cara import barang dari China, adalah memperhatikan barang yang akan dibeli. Kali ini perhatikan dengan baik, barang apa yang akan dibeli. Misalnya saja Anda ingin jadi reseller baju import, khusus untuk baju remaja, jadi secara otomatis, Anda akan mencari aneka macam jenis baju remaja yang sedang trend belakangan ini.

Selain mencari tahu, aneka jenis baju remaja import yang sedang trend, Anda juga perlu mencari tahu kualitas, jenis bahan, harga dan deskripsi lainnya tentang baju tersebut.

Ini akan jadi informasi dasar, sebelum Anda membeli barang yang dimaksud. Jadi ketika membeli, Anda tidak akan kesulitan, dan tahu, baju jenis apa yang memang ingin dibeli.    

  1. Dimana Anda akan membeli barang tersebut

Selain mencari tahu tentang jeni barang yang akan dibeli, berikutnya adalah mencari tahu, dimana Anda akan membeli barang tersebut. Seperti diketahui bersama di China sendiri, saat ini memiliki beberapa marketplace yang dapat digunakan untuk membeli berbagai macam barang. Masing-masing marketplace mempunyai kelebihan yang berbeda, namun harga yang ditawarkan tetap saja murah. Adapun marketplace yang dimaksud, antara lain ;

  1. Taobao

Taobao.com sendiri adalah salah satu marketplace yang mirip dengan marketplace ebay. Hanya saja bedanya, kali ini, berbagai macam barang yang ditawarkan berasal dari China, dengan menggunakan bahasa Mandarin. Yang menarik, untuk lebih memikat banyak pembeli, marketplace yang berasal dari China tersebut, kini membuka layanan Taobao agent, di beberapa negara tertentu. Layanan ini dimaksudkan, untuk mempermudah sistem pembelian, dan para buyer mengerti dan tahu apa yang mereka inginkan.

  1. 1688.com

1688.com, sendiri adalah anak dari perusahaan Alibaba group. Dimana target pemasarannya sendiri adalah dalam negeri China sendiri. Di tempat ini, ada banyak sekali penjual lokal, yang sudah pasti menggunakan bahasa Mandarin, untuk memberikan deskripsi dan sesi tanya jawab.untuk masalah harga, aneka macam produk yang ditawarkan di marketplace yang satu ini terbilang murah. Ini pula, yang jadi salah satu alasan, kenapa banyak orang yang belanja di tempat ini, termasuk di Indonesia. Tahukah Anda, saat ini ada  1688.com bahasa Indonesia, artinya, bahasa yang akan digunakan adalah bahasa Indonesia.

  1. Alibaba   

Alibaba sendiri, seperti diketahui bersama, Alibaba sendiri adalh salah satu marketplace terbesar, yang menawarkan berbagai macam barang asal China dan juga dari negara lainnya. Yang menarik adalah, di marketplace tersebut, Anda dapat membeli produk, baik dalam bentuk eceran atau dalam bentuk grosir. Bahkan ada juga beberapa yang melayani pembelian secara custom. Saat ini. Alibaba sendiri, menyediakan layanan Alibaba online shop Indonesia. Yang artinya bahasa yang akan digunakan kali ini bukan bahasa mandarin, melinkan bahasa Indonesia.

  1. Membeli satuan atau dalam jumlah banyak

Berikutnya, cek kebutuhan barang Anda. Apakah Anda akan menggunakan barang tersebut untuk keperluan pribadi. Sudah pasti, barang yang dibeli tidak akan terlalu banyak. Sebaliknya, jika Anda ingin menjadi seorang reseller atau menjual kembali berbagai macam barang yang dibeli,sudah pasti sebaiknya membeli dalam jumlah banyak.

Karena kali ini, Anda akan membeli secara satuan, maka kali ini cari penjual atau seller yang menjual produknya secara eceran, misalnya saja gudang tas eceran. Demikian pula sebaliknya ketika Anda ingin membeli produk dalam jumlah banyak, maka cari penjual atau seller yang menjual produknya secara grosir atau banyak. Ketika Anda ingin cari barang dengan harga murah, maka kata kunci yang sebaiknya digunakan adalah toko online China termurah. Hasilnya barang yang akan Anda beli, nantinya dibanderol dengan harga murah.

  1. Harga jual produk

Hal lain yang juga jangan dilupakan adalah tentang harga. Ketika Anda akan membeli barang, jangan lupa cek harga barang yang ditawarkan. Membeli barang murah, tentu tidak masalah, tapi kali ini perhatikan kualitas barang yang ditawarkan. Seperti yang sering Anda lihat pada harga grosir Batam, karen harga akan menentukan kualitas barang.

  1. Cek metode pembayaran yang digunakan

Cek juga metode pembayaran yang akan digunakan dalam marketplace al china tersebut. Ada beberapa marketplace yang biasanya digunakan, mulai dari kartu kredit, kartu debit, transfer antar bank (sistem ini biasanya disebut dengan TT, atau telegraphic Transfer), paypal, minimarket, Alipay, atau juga transfer bank lokal asal China.

Yang perlu Anda perhatikan kali ini adalah. Biaya atau harga yang diberikan tersebut, adalah harga barang saja, beberapa ada yang sudah termasuk biaya pengiriman/ sedangkan untuk biaya impor barang dari China, sudah tentu belum termasuk. Itu artinya Anda harus mempersiapkan biaya lain, untuk mempersiapkan biaya tersebut.

  1. Cek metode pengiriman yang akan digunakan

Adapun skema pengiriman yang biasanya digunakan kali ini biasanya ada 2 macam, yaitu :

  1. Pengiriman secara langsung

Skema pengiriman secara langsung ini, biasanya dilakukan ketika Anda membeli barang dalam jumlah kecil. sistem pengiriman yang dilakukan biasanya cepat / ekspress, yang perlu Anda ketahui saat ini ada layanan pengiriman secara cepat, Salah satunya adalah layanan jastip atau Jasa Titip.

  1. Pengiriman menggunakan skema forwarder

Ini adalah pengiriman dengan menggunakan jasa ketiga. Yang umumnya diberikan, ketika Anda membeli barang dalam jumlah besar, dan banyak. Jasa forwarder ini yang nantinya akan membantu Anda dalam mengurus berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses  import barang China, pengiriman barang, hingga akhirnya sampai ke tempat Anda secara selamat.  

Untuk proses pengirimannya sendiri akan dilakukan dengan dimulai dari pembelian barang, dari pihak seller, yang kemudian dikirim ke gudang milik forwarder. Kemudian barang akan dikirim, umumnya menggunakan kapal laut, atau ada juga yang menggunakan kapal udara. Pada proses ini, pihak forwarder juga akan membantu mengurus berbagai macam dokumen impor. Setibanya di Indonesia, forwarder akan membantu pengurusan dokumen barang ke pihak bea Cukai, dan mulai mengantarkan produk yang dibeli ke tempat Anda.

  1. Cek hal lain yang harus diperhatikan

Dalam hal cara impor barang,seperti ini, Anda juga perlu mempelajari barang-barang yang dilarang diimpor, dan berapa harga pajak impor barang itu sendiri. Baik ketika Anda membeli barang dalam skala kecil, atau membeli barang dalam skala besar, dengan menggunakan jasa forwarder.

Sedikit tips untuk Anda yang ingin belanja barang impor dengan lebih mudah dan praktis, sebaiknya gunakan saja layanan belanja di Vendorbeli. Ini adalah layanan jasa pembelian barang secara online, terutama yang berasal dari China. Dengan layanan yang ada, pastinya akan memberikan pengalaman atau cara import barang dari China yang murah dan praktis. Apalagi ketika anda membeli barang dalam jumlah besar.  

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Open chat