Tips Merintis Jasa Beli Online, Peluang Bisnis Modal Hemat untuk Kawula Muda

Dewasa ini, jumlah jasa beli online semakin banyak di Indonesia. Kamu yang terbiasa berbelanja online juga pasti tak asing dengan layanan ini. Umumnya, jasa ini menawarkan pembelian langsung di penjualnya, terutama yang berdomisili di luar negeri. Selain itu, banyak juga jenis jasa yang memfasilitasi transaksi ke penjual karena pembeli tidak memiliki fasilitas alat pembayaran, misalnya karena harus memakai PayPal atau rekening bank di negara penjual.

Tak sedikit para pelaku jasa beli online yang ternyata masih berusia muda. Jenis bisnis yang terkesan remeh ini ternyata lumayan berhasil mengantarkan para pelakunya pada profit memuaskan. Kamu pun berkesempatan mengelola bisnis ini dengan modal yang sangat hemat. Namun, sebelum benar-benar menjalankannya, pastikan kamu memahami tips-tips berikut ini.

Jenis Produk yang Dibeli

Langkah pertama yang akan memudahkanmu merintis jasa beli online adalah menentukan jenis produk. Semakin spesifik akan lebih bagus bagi perkembangan usahamu. Hal ini pun akan sangat bagus untuk proses branding yang sedang kamu jalankan dalam bisnis ini.

Contohnya, kamu khusus melayani pembelian merek produk fesyen tertentu. Sedari awal sudah kamu tetapkan demikian, lama kelamaan segmen pasarmu akan terbentuk dengan sendirinya. Awalnya mungkin agak sulit, apalagi jika kamu benar-benar baru memulai pengalaman sebagai jasa ini. Namun, tak usah cemas karena tips ini justru akan membantumu memudahkan praktik bisnis, yang mana hanya akan fokus pada produk tertentu.

Menjaring Klien Setia

Semua praktik bisnis membutuhkan kepercayaan dari para konsumen atau klien. Tak terkecuali dengan bisnis jasa beli online ini. Cobalah dengan memperkenalkan bisnismu ini ke lingkaran terdekat dulu. Kamu bisa menawarkannya ke anggota keluarga hingga teman-teman terdekat.

Dari lingkaran tersebut, perlahan akan berkembang jika kamu sudah menjalankannya. Mintalah tolong pada anggota keluarga atau temanmu yang sudah memanfaatkan jasamu untuk memberikan testimoni atau mempromosikannya ke lingkaran mereka.

Menggunakan Platform Terbaik

Di zaman ini, hampir semuanya dimudahkan lewat perkembangan kecanggihan teknologi. Jadi, jangan ragu menggunakan setiap platform baik media sosial hingga website demi mempromosikan bisnismu ini. Sebenarnya tidak usah banyak-banyak, karena nanti akan menyulitkanmu apalagi jika masih dikelola sendirian. Namun, kalau kamu ternyata mampu dan punya sistem manajemen waktu yang bagus, tidak ada salahnya melebarkan jaringan e-commerce dari masing-masing platform tersebut.

Intinya tidak terletak pada berapa banyak akun e-commerce yang kamu miliki. Intensitas promosi dan pemasaran yang terstruktur dari setiap akun media sosial jasa beli online bisa membantu mendongkrak bisnis ini.

Penerapan Biaya yang Wajar

Ingat, hindari menetapkan biaya yang mahal untuk setiap jasa yang kamu tawarkan. Cara ini hanya akan merugikanmu apalagi jika masih merintis bisnis tersebut. Yang disarankan adalah biaya sekitar 5 hingga 10 persen dari setiap produk.

Contohnya, harga dari produk yang akan dibeli sebesar 1 juta rupiah. Berarti tarif yang bisa kamu tetapkan untuk jasa pembelian produk itu sekitar 50 ribu hingga 100 ribu. Jelas, ‘kan?

Menggunakan Sistem Uang Muka

Tips ini dilakukan untuk mencegah jika sampai ada calon pembeli yang membatalkan transaksinya. Seringkali kejadian tersebut sangat merugikan pihak jasa. Sudah terlanjur membelikan barang pesanan, tapi ternyata dibatalkan sepihak.

Lebih aman lagi kalau kamu menerapkan aturan transfer harga barang plus biaya dan ongkos kirim, baru kamu bisa memprosesnya. Sebenarnya cara-cara tersebut tidak berlaku jika kamu menawarkan jasa pembelian barang khusus untuk transaksi pembayaran. Pasalnya, profit bisa langsung kamu hasilkan ketika transfer dilakukan.

Kejelasan Harga Produk

Kejujuran dalam berbisnis merupakan prinsip yang tidak dapat ditawar-tawar. Oleh karena itu, kamu harus menginformasikan sejelas mungkin pada calon pembeli perihal harga produk, biaya jasa, ongkos kirim, dan detil-detil lainnya.

Terus Mengembangkan Riset dan Pemasaran

Jangan ragu mengembangkan bisnis ini meskipun awalnya masih sangat terbatas. Toh, banyak orang sukses yang memulainya dari modal yang sangat kecil. Bahkan, tak sedikit yang benar-benar hanya dari modal nol.

Itulah beberapa tips penting merintis jasa beli online yang bisa kamu terapkan. Tertarik mengawali bisnis ini dengan strategi terbaikmu?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat