Tips Penting Untuk Beli Barang Import

pat-whelen-RHC5ar0MFkE-unsplash

Ada kalanya Kamu menginginkan sebuah barang yang tidak berasal dari negeri sendiri, ada kalanya terdapat barang impor yang menarik untuk Kamu dapatkan. Di zaman sekarang ini untuk berbelanja barang impor yang berasal dari luar negeri bukanlah suatu hal yang sulit lagi. Kamu pun tidak perlu melakukan perjalanan langsung ke luar negeri saat hendak membeli barang tersebut, karena saat ini sudah ada banyak sekali media yang bisa membantu Kamu saat ingin beli barang import. Kamu bisa beli barang impor melalui website e-commerce yang memang menyediakan barang-barang impor yang Kamu inginkan tersebut atau Kamu juga bisa menggunakan jasa titip individual, dimana penjualnya langsung pergi ke luar negeri dan membelikan berbagai barang yang sudah dipesan lebih dulu oleh para pelanggan yang berada di tanah air. Kamu bisa memilih mana saja cara yang mudah untuk Kamu lakukan, asalkan sebelum beli barang import tersebut Kamu harus teliti sehingga tidak salah dalam membeli barang atau berakhir mendapatkan barang yang tidak sesuai. Tentunya perlu Kamu ketahui juga bahwa barang import memiliki harga yang lebih mahal, mengingat biaya pengiriman dari luar negeri yang harus ditanggung.

Memilih Media Belanja Yang Terpercaya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jika Kamu hendak beli barang import dari luar negeri maka Kamu bisa menggunakan beberapa media belanja yang tersedia. Dibandingkan Kamu harus pergi secara langsung ke Negara asal barang tersebut tentunya hanya akan menghabiskan waktu dan tenaga serta biayanya pun lebih mahal. Kamu bisa menggunakan web e-commerce yang menyediakan barang tersebut dan mengimpornya langsung dari Negara asalnya atau Kamu bisa menggunakan jasa titip individual yang memang secara langsung datang ke Negara-negara tertentu untuk membelanjakan barang milik pelanggan. Namun sebaiknya saat Kamu menggunakan jasa titip yang demikian maka Kamu memang mengenali orang yang membuka jasa titip tersebut agar Kamu bisa mendapatkan barang yang Kamu inginkan tersebut. 

Cari Tahu Detail Barang Yang Diinginkan

Dalam kasus ini Kamu tentunya tidak bisa melihat barang yang hendak Kamu beli dengan mata kepala sendiri, maka dari itu Kamu harus mencari dengan detail informasi tentang barang yang Kamu inginkan tersebut. Agar nantinya Kamu tidak salah dalam membelinya, apalagi jika barang tersebut memiliki harga yang mahal dan kemudian Kamu salah membelinya. Maka tentunya bisa membuat Kamu mendapatkan kerugian setelahnya jika Kamu tidak berhati-hati. 

Bandingkan Harganya

Agar Kamu tidak membeli dengan harga yang jauh lebih mahal daripada harga aslinya maka sebaiknya Kamu juga harus mengetahui harga aslinya. Tentunya sangat wajar jika barang yang Kamu beli dari luar negeri itu memiliki harga yang lebih mahal dari harga yang sesungguhnya, karena tentunya barang impor memiliki tambahan biaya pengiriman dari luar negeri ke dalam negeri, kemudian ditambah lagi dengan biaya administrasi dari bea cukai dan lain sebagainya, sehingga terkadang harganya lebih mahal. Namun tentunya Kamu juga harus survey di beberapa tempat mengenai harga pasaran barang tersebut di dalam negeri sehingga setidaknya Kamu punya gambaran mengenai harga yang sewajarnya dan tidak membeli barang yang harganya jauh lebih mahal.

Cek Kualitas Barang Yang Sudah Sampai

Terakhir ketika barang yang Kamu beli tersebut sudah sampai di tangan Kamu, jangan lupa untuk mengecek keseluruhan kualitas barang tersebut, jangan sampai ada yang rusak atau setelah Kamu teliti ternyata barang tersebut tidak asli. Padahal Kamu sudah menunggu beberapa waktu untuk mendapatkannya tapi kemudian barang tersebut yang Kamu dapatkan ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, sehingga dengan demikian akhirnya Kamu merugi. Beli barang import bukanlah perkara yang mudah karena tentunya ada banyak hal yang mesti Kamu persiapkan dan Kamu perhatikan sehingga dengan demikian Kamu sendiri juga harus teliti dalam mempersiapkannya agar tidak salah dalam membeli barang dari luar negeri. Surat-surat barang tersebut juga harus lengkap terlebih jika memang itu adalah barang yang berharga, jika barang yang dibeli tidak begitu mahal dan bukan merupakan barang berharga maka biasanya tidak memerlukan surat-surat khusus.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat