6 Cara Memilih Supplier Baju Import di Cina 

jon-tyson-U3FPDpXQjCY-unsplash

Membuka usaha barang branded dari Cina butuh sebuah wadah utama (supplier) yang setidaknya berharga murah, kualitas jaminan tinggi dan tidak ribet dalam pengirimannya. Tapi, seperti mencari jarum dalam jeraminya menemukan suplier yang demikian, kamu harus jatuh bangun rela merogoh kocek yang dalam untuk pindah dari satu tempat suplier ke supplier lainnya. 

Jika ingin merilis sebuah usaha barang impor dengan supplier Cina yang terbaik bisa memakai cara di bawah ini untuk menemukannya.

  1. Buka Alibaba

Alibaba adalah sebuah marketplace yang cukup potensi ketat dalam pemilihan supplier di Cina. Alibaba tidak akan sembarangan menerima perusahaan supplier yang ijinnya meragukan. Dengan membuka situs alibaba kamu akan menemukan berbagai perusahaan supplier produk yang banyak dan kelengkapan profil masing-masing perusahaan. Pihak alibaba akan mengklasifikasikan supplier:

  • A&V adalah pengelompokan untuk supplier yang telah lolos dan resmi pemeriksaan keaslian
  • Onsite Check adalah cara pengelompokan dan verifikasi supplier Cina dan diperiksa pihak Alibaba bahwa tempatnya memang ada dan nyata.
  • The Assessed Supplier Check bertugas untukmencatat supplier lolos verifikasi pihak ketiga.
  1. Tanya Kepada Relasi Berpengalaman 

Bertanya dengan rekanan yang pernah menjalankan bisnis impor dari negara yang sama. Dengan bertanya secara detil ini maka kamu akan mendapatkan pencerahan pengetahuan baru tentang dunia perdagangan internasional. namun, perlu diperhatikan lagi bagaimana sepak terjang kondisi rekan yang kamu temui itu, apakah dia sukses atau sedang dalam masalah. 

  1. Survey Langsung

Untuk membuka usaha kelas besar memang kamu butuh pendekatan dan pengorbanan ya agar tidak terjebak dalam kerugian yang drastis. Setiap usaha pasti ada kendala dan kerugian namun alangkah baiknya jika semua dimatangkan sebelum terjun ke bisnis skala dunia. Untuk tahu suplier yang diinginkan kebanyakan pihak pengusaha datang langsung ke toko di Cina. Rerata pengusaha yang membuka perdagangan produk impor adalah pengusaha dengan etnis Cina yang telah paham seluk beluk negaranya. Dari setiap survey yang kamu pantau akan tahu bagaimana manajemen, harga dan barang yang dijual sehingga bisa menentukan apakah usaha jual beli barang import Cina akan lanjut atau berhenti. 

  1. Pameran Cina 

Supplier Cina memang untuk mendapatkan produk yang aman, berkualitas dan terpercaya memang cukup sulit artinya semua pihak bisa masuk dan mengatasnamakan perusahaan supplier. Kamu bisa ikut dalam pameran usaha di Cina yang mungkin sama dengan pameran perusahaan di Indonesia (job fair). Dalam pameran ini akan terlihat profil perusahaan yang ada di Cina dan berkelas. Supplier yang masih merintis, sudah total sukses ada di pameran ini. 

Kamu wajib tahu kapan pameran ini berlangsung dan tentunya ada grup pengusaha internasional yang akan memberikan informasinya lewat medsos. 

  1. Buka Katalog Asia Commerce

Asia Commerce adalah sebuah situs belanja online yang telah lama hadir di jagad maya, ada juga chinabuybuy.com yang menyediakan katalog untuk memilih supplier dari Cina yang begitu terpercaya. Pihak peneliti suplier wajib melakukan pengecekan secara mendalam terhadap setiap supplier yang masuk dengan survey detail dilakukan dan kemudian dicantumkan dalam situs ini secara baik. 

  1. Cek Tak Hanya 1 Sumber Saja

Saran terakhir yang bisa menjadikan pokok penentuan dalam pemilihan supplier adalah cek tempat apakah masuk ke dalam berbagai situs. Sebagai contoh, kamu ingin mengambil supplier baju di Cina tentunya memberikan daftar supplier minimal 5 toko. Melihat kelima toko tersebut nantinya bisa dicek di Alibaba, Taobao, Asia Commerce atau teman yang pernah belanja di sana.  Jika supplier tersebut terpercaya dan baik maka akan muncul di beberapa situs. 

Memilih supplier baju import dari Cina memang tak mudah dan tak cepat, minimal dalam waktu 12 bulan kamu baru bisa mengetahui tentang suplier yang benar dan menguntungkan. Perdagangan internasional memang sedang gencar karena laba yang dihasilkan sangat memuaskan apabila kamu mengaturnya dengan baik. Bukan mereka yang harus bermodal besar milyaran dalam merintis produk impor, tapi kamu yang bermodal di pas-pasan bisa memulainya dari sekarang. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat