Mengenal Jenis Pembayaran dengan Jasa Importir

josh-appel-NeTPASr-bmQ-unsplash

Uang adalah sebuah alat pembayaran yang sah di seluruh dunia sehingga menjadikan patokan resmi kendati nilainya berbeda untuk setiap negara. Untuk mata uang rupiah akan memiliki nilai berbeda dengan nilai mata uang amerika. Nilai 1 dolar Amerika menurut nilai mata uang Indonesia sekitar Rp. 14.000. Hal ini juga dialami ketika kamu akan belanja di negara Cina. Untuk menyamaratakan nilai mata uang satu negara dengan negara lainnya dibuatlah sebuah jenis pembayaran yang standar agar jumlahnya sama. 

  1. Transfer Bank

Menjadi pengusaha barang impor dari Cina minimal harus tahu bagaimana cara membayarnya, jika ingin lebih aman dan mudah, kamu pakai jasa bank yang ada di negara kita seperti BNI, BRI, MANDIRI atau BI. Bank tersebut tentunya sudah memiliki jangkauan produk pembayaran yang beragam. Kamu tinggal setor uang yang menyesuaikan dengan nilai pembayaran negara Cina namun diubah dahulu ke bentuk nilai rupiah. Sebagai contoh, kamu belanja seharga Rp. 10 juta dan ternyata setelah dikalkulasi harga produknya lebih besar (mata uang Cina) maka kamu wajib menyesuaikan dengan nilai mata uang Cina. 

  1. Kartu Kredit

Setiap kartu kredit yang dikeluarkan oleh pihak bank Indonesia telah tercantum dalam model pembayaran ala luar negeri sehingga ketika ada logo khusus pembayaran luar negeri bisa kamu pakai kapan saja, dimana saja dan tidak terbatas waktu. Perlunya kepercayaan dari kedua belah pihak dalam pembayaran yang telah lunas sehingga tidak ada resiko tertipu di tengah jalan ketika kamu sudah menyetorkan sejumlah uang besar kepada pihak supplier di Cina. 

Ada aturan dari toko atau supplier Cina yang memang dibuat memudahkan kamu dalam pembayaran dan jalinan kepercayaan. Ketika kamu pesan barang impor pembayaran dilakukan 2 termin, termin pertama sebagai DP sedangkan termin kedua pelunasan yang akan dilakukan ketika produk sudah sampai negara tujuan. 

  1. Wesel Inkaso

Pengiriman barang dari negara asal ke negara tujuan memakai model hak pengawasan dengan wesel atau draft penerima dibayarkan. Untuk dokumen barang akan dikirim langsung kepada konsumen yang memesan dan sekalian meminta pembayaran secara lunas. 

  1. Letter Of Credit

Jenis pembayaran dengan L/C ini juga sering dipakai dalam perdagangan kelas internasional. Pemesan barang akan memberikan perjanjian resmi melalui pihak bank kepada pihak pengirim barang. Sebagai contoh, pak andi telah memesan barang dari Cina dengan harga Rp. 500 juta, akan dibayarkan melalui bank BI Indonesia dengan waktu senin tanggal 12 april 2019, disaksikan oleh pejabat bank yang diinginkan. Maka, transaksi akan lebih aman dan detail. Memang butuh biaya yang sedikit tinggi ketika memakai jenis L/C ini namun semua keamanan pembayaran lebih terjamin. 

  1. Barter Barang 

Sistem pembayaran barter memang saat ini sudah tidak banyak namun masih berjalan kendati orang lebih suka membayar dengan mata uang. Dalam perdagangan internasional, barter (pembayaran barang dengan menukar barang kembali) masih dibutuhkan mengingat ketersediaan barang di suatu negara belum tentu ada. Sebagai contoh, kala pandemi sekarang ini banyak negara butuh masker khusus tenaga kesehatan maka pihak Indonesia bisa mengirim masker ke negara lain dan ditukar dengan baju pelindung kesehatan untuk dokter sejumlah sekian. 

Harga masker yang dikirim harus seimbang dengan harga baju pelindung yang diinginkan, memang kelemahannya adalah jumlah yang tidak sama, namun jenis pembayaran dengan cara ini masih berlaku mengingat mungkin uang belum tersedia. 

Semua jenis pembayaran ke negara tetangga sudah banyak diberikan oleh pihak bank namun sebaiknya dalam hal ini kamu harus mengetahui dahulu bagaimana supplier yang terpercaya. Banyak kejadian buruk menimpa pengusaha impor yang membeli barang dari negara lain yaitu penipuan dan kesalahan produk. Barang yang dibelanjakan tidak sesuai dengan foto di toko online, uang terlanjur ditransfer namun tidak sesuai harapan. 

Pilih perusahaan importir yang bekerja sama dengan bank dunia dan punya profil resmi sehingga kamu terhindar dari aksen penipuan. Perusahaan impor yang baik akan memiliki ijin pendirian resmi di negaranya dan tercatat dengan nomor pendirian. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

One Response

  1. My spouse and I absolutely love your blog
    and find almost all of your post’s to be exactly what I’m looking for.
    Would you offer guest writers to write content to suit your needs?

    I wouldn’t mind producing a post or elaborating on many of the subjects you write regarding here.
    Again, awesome website!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat